Buscar

Páginas

ARSITEKTUR ARCNET

ARCnet

Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
ARCnet (juga CamelCased sebagai ARCnet, sebuah singkatan dari jaringan komputer Sumber Daya Terlampir) adalah jaringan area lokal (LAN) protokol , hampir sama dengan Ethernet atau Token Ring . ARCNet adalah sistem jaringan yang pertama tersedia secara luas untuk mikrokomputer dan menjadi populer pada 1980-an untuk tugas-tugas otomatisasi kantor. Sejak memperoleh setelah di embedded system pasar, di mana fitur tertentu dari protokol yang sangat berguna.

Isi

[hide]

[ sunting ] Sejarah

ARCnet dikembangkan oleh perkembangan insinyur utama John Murphy di Datapoint Corporation di tahun 1976 dan diumumkan pada tahun 1977. [1] Ini adalah loosely-coupled LAN berbasis pertama solusi clustering, membuat tidak ada asumsi tentang jenis komputer yang akan dihubungkan. Hal ini kontras dengan sistem komputer kontemporer lebih besar dan lebih mahal seperti DECnet atau SNA , di mana kelompok yang homogen komputer yang sama atau milik dihubungkan sebagai klaster .
Token-passing bus protokol yang saya / O device-berbagi jaringan kemudian diterapkan untuk memungkinkan node pemrosesan untuk berkomunikasi satu sama lain untuk file-melayani dan tujuan skalabilitas komputasi. Sebuah aplikasi dapat dikembangkan di databus, milik Datapoint yang COBOL -seperti bahasa dan digunakan pada satu komputer dengan terminal bodoh. Ketika jumlah pengguna outgrew kapasitas komputer yang asli, komputer sumber tambahan 'menghitung' bisa terpasang melalui ARCnet, menjalankan aplikasi yang sama dan mengakses data yang sama. Jika penyimpanan yang lebih dibutuhkan, komputer disk tambahan sumber daya juga dapat dilampirkan. Pendekatan inkremental memecahkan tanah baru dan pada akhir tahun 1970-an (sebelum kaset pertama berbasis IBM PC diumumkan pada tahun 1981) lebih dari sepuluh ribu ARCnet instalasi LAN yang digunakan secara komersial di seluruh dunia, dan Datapoint telah menjadi perusahaan Fortune 500. Sebagai mikrokomputer mengambil alih industri, ARCnet terbukti baik dan handal juga ditawarkan sebagai LAN murah untuk mesin ini.
ARCNet tetap eksklusif sampai awal-ke pertengahan 1980-an. Hal ini tidak menimbulkan kekhawatiran pada saat itu, sebagai arsitektur jaringan yang paling adalah berpemilik. Pindah ke non-proprietary, sistem terbuka dimulai sebagai respon terhadap dominasi International Business Machines (IBM) serta Sistem Jaringan Arsitektur (SNA). Pada tahun 1979, System Interconnection Reference Model (Open Model OSI ) diterbitkan. Kemudian, pada tahun 1980, Digital, Intel dan Xerox (DIX konsorsium) menerbitkan sebuah standar terbuka untuk Ethernet yang segera diadopsi sebagai dasar standardisasi oleh IEEE dan ISO. IBM menanggapi dengan mengusulkan Token Ring sebagai alternatif untuk Ethernet tetapi tetap kontrol ketat tersebut selama standarisasi yang pesaing waspada menggunakannya. ARCNet kurang mahal daripada baik, lebih dapat diandalkan, lebih fleksibel, dan pada akhir 1980-an itu memiliki pangsa pasar hampir sama dengan Ethernet.
Ketika Ethernet pindah dari co-aksial kabel twisted pair dan "bintang yang saling berhubungan" kabel topologi berdasarkan hub aktif , menjadi jauh lebih menarik. Kabel lebih mudah, dikombinasikan dengan kecepatan lebih besar mentah Ethernet (10 Mbit / s, dibandingkan dengan 2,5 Mbit / s untuk ARCnet) membantu untuk meningkatkan permintaan Ethernet, dan lebih banyak perusahaan memasuki pasar dengan harga Ethernet mulai jatuh-dan ARCnet (dan Token Ring ) volume off meruncing.
Dalam menanggapi kebutuhan bandwidth yang lebih besar, dan tantangan Ethernet, sebuah standar baru yang disebut ARCnet Plus dikembangkan oleh Datapoint, dan diperkenalkan pada tahun 1992. Ditambah ARCnet berlari pada 20 Mbit / s, dan kompatibel dengan peralatan ARCnet asli. Namun, pada saat ARCnet Produk Plus siap untuk pasar, Ethernet telah menangkap sebagian besar pasar jaringan, dan ada sedikit insentif bagi pengguna untuk kembali ke ARCnet. Akibatnya, sangat sedikit ARCnet Produk Plus yang pernah diproduksi. Mereka yang dibangun, terutama oleh Datapoint, yang mahal, dan sulit untuk menemukan.
ARCNet akhirnya standar sebagai ANSI ARCNet 878,1. Tampaknya ini adalah ketika nama berubah dari ARCnet ARCnet ke. Perusahaan lain memasuki pasar, terutama Microsystems Standar yang dihasilkan sistem berbasis pada satu VLSI chip, awalnya dikembangkan sebagai kustom LSI untuk Datapoint, tetapi kemudian dibuat tersedia oleh Standard Microsystems untuk pelanggan lain. Datapoint akhirnya menemukan dirinya dalam kesulitan keuangan dan akhirnya pindah ke konferensi video dan (kemudian) pemrograman kustom di pasar embedded.
Meskipun ARCNet tidak digunakan lagi, masih ada beberapa referensi yang tersisa di umum. Film Amerika Hacker (1995) misalnya masih menggunakan beberapa protokol komputer lama, termasuk ARCnet. Ketika Anda maju cepat untuk 00:48:20 Anda dapat melihat bahwa ARCNet sedang digunakan.

[ sunting ] Deskripsi

Asli ARCNet digunakan RG-62 / U coax kabel 93 Ω impedansi dan baik pasif atau aktif hub dalam bintang-kabel bus topologi. Pada saat popularitas terbesar ARCNet menikmati dua keunggulan utama over Ethernet. Salah satunya adalah bintang-kabel bus, ini jauh lebih mudah untuk membangun dan memperluas (dan lebih mudah dipelihara) dari bus Ethernet kikuk linear dari waktu. Lain adalah kabel jarak - ARCNet coax kabel dapat memperpanjang berjalan 610 m (2000ft) antara hub aktif atau antara hub aktif dan node akhir, sedangkan RG-58 (50 Ω ) 'tipis' Ethernet yang paling banyak digunakan pada waktu itu terbatas untuk menjalankan maksimum 183 m (600ft) dari ujung ke ujung. Tentu saja, ARCnet diperlukan baik hub aktif atau pasif antara node jika ada lebih dari dua node dalam jaringan, sementara thin Ethernet node diizinkan untuk spasi di sepanjang kabel coax linier, tetapi ARCNet hub pasif sangat murah. Hub Pasif terbatas jarak antara node dan hub aktif sampai 30 m (100ft). Lebih penting lagi, "bintang yang saling berhubungan" kabel topologi membuatnya mudah untuk menambah dan menghapus node tanpa mengambil seluruh jaringan turun, dan lebih mudah untuk mendiagnosa dan mengisolasi kegagalan dalam LAN yang kompleks.
Untuk menengahi akses ke bus , ARCnet, seperti Token Ring , menggunakan token passing skema, bukan carrier sense multiple access pendekatan Ethernet. Ketika rekan-rekan yang aktif, satu "tanda" pesan melewati sekitar jaringan dari mesin ke mesin, dan rekan tidak diperbolehkan untuk menggunakan bus kecuali memiliki token. Jika rekan tertentu ingin mengirim pesan, menunggu untuk menerima token, mengirim pesan, dan kemudian memberikan token ke stasiun berikutnya. Karena ARCNet diimplementasikan sebagai bintang didistribusikan, token tidak dapat dilewatkan mesin ke mesin sekitar cincin. Sebaliknya, setiap node diberikan sebuah alamat 8 bit (biasanya melalui DIP switch), dan ketika sebuah node baru bergabung jaringan sebuah "reconfig" terjadi, dimana setiap node belajar alamat node tepat di atasnya. Token kemudian dilewatkan langsung dari satu node ke yang berikutnya.
Secara historis, masing-masing pendekatan memiliki kelebihan: ARCNet menambahkan penundaan kecil pada jaringan tidak aktif sebagai stasiun pengirim menunggu untuk menerima token, tapi kinerja Ethernet rusak drastis jika rekan-rekan terlalu banyak yang berusaha untuk menyiarkan pada waktu yang sama, karena waktu yang diperlukan untuk prosesor lambat hari untuk memproses dan pulih dari tabrakan. ARCNet telah sedikit lebih rendah kasus terbaik kinerja (dilihat oleh aliran tunggal), tetapi lebih mudah diprediksi. ARCnet juga memiliki keuntungan bahwa hal itu dicapai kinerja terbaik agregat di bawah beban tertinggi, mendekati asimtotik throughput yang maksimum. Sementara kinerja kasus terbaik adalah kurang dari Ethernet, kasus yang umum adalah setara dan kasus terburuk secara dramatis lebih baik. Jaringan Ethernet bisa runtuh bila terlalu sibuk akibat tabrakan berlebihan. Sebuah ARCNet akan terus berjalan di normal (atau bahkan lebih baik) throughput. Throughput pada Ethernet multi-node tabrakan berbasis dibatasi antara 40% dan 60% dari penggunaan bandwidth (tergantung pada sumber). Meskipun 2,5 Mbit / s ARCnet bisa pada satu waktu mengalahkan 10 Mbit / s Ethernet di kantor yang sibuk pada prosesor lambat, ARCnet akhirnya memberi jalan untuk Ethernet sebagai kecepatan prosesor meningkat mengurangi dampak tabrakan pada throughput keseluruhan, dan Ethernet biaya menurun. [ Rujukan ]
Pada awal 1980 ARCNet jauh lebih murah dibandingkan Ethernet, khususnya untuk PC. Misalnya pada tahun 1985 SMC menjual kartu ARCnet untuk sekitar 300 USD , sementara sebuah Ungermann-Bass kartu Ethernet transceiver bisa ditambah biaya 500 USD .
Perbedaan lain yang signifikan adalah bahwa ARCNet menyediakan pengirim dengan pengakuan beton (atau tidak) pengiriman sukses pada akhir menerima sebelum token diteruskan ke node berikutnya, memungkinkan pemulihan kesalahan lebih cepat dalam protokol tingkat yang lebih tinggi (daripada harus menunggu untuk batas waktu pada balasan yang diharapkan). ARCnet juga tidak membuang-buang waktu jaringan transmisi ke node belum siap untuk menerima pesan tersebut, karena penyelidikan awal (dilakukan pada tingkat hardware) menetapkan bahwa penerima mampu dan siap untuk menerima pesan yang lebih besar sebelum dikirim di bus.
Satu keuntungan lebih lanjut bahwa ARCNet menikmati lebih dari tabrakan berbasis Ethernet adalah bahwa hal itu menjamin akses yang adil terhadap bus oleh semua orang di jaringan. Meskipun mungkin membutuhkan waktu singkat untuk mendapatkan token tergantung pada jumlah node dan ukuran pesan yang saat ini sedang mengirim sekitar, Anda akan selalu menerimanya dalam waktu maksimal diprediksi, oleh karena itu bersifat deterministik. Hal ini membuat ARCNet ideal real-time sistem jaringan, yang menjelaskan penggunaannya dalam sistem tertanam dan proses pengendalian pasar. Token Ring memiliki kualitas yang sama, tetapi jauh lebih mahal untuk diterapkan daripada ARCnet.
Meskipun operasi deterministik ARCNet dan kesesuaian bersejarah untuk real-time lingkungan seperti kontrol proses, ketersediaan umum beralih gigabit Ethernet dan Kualitas layanan kemampuan dalam switch Ethernet memiliki semua tapi dieliminasi ARCNet hari ini.
Pada awalnya sistem ini dikerahkan menggunakan RG-62 / U kabel coax (umum digunakan dalam mainframe IBM untuk menghubungkan lingkungan 3270 dan pengendali terminal), namun kemudian menambahkan dukungan untuk twisted-pair dan serat media. Pada kecepatan ARCnet lebih rendah (2,5 Mbit / s), Cat-3 kabel cukup baik untuk menjalankan ARCnet. Beberapa ARCNet twisted-pair kabel didukung produk berjalan lebih dari 2000 'pada standar Cat-3 kabel, jauh melampaui apa Ethernet bisa melakukannya pada setiap jenis kabel tembaga.
Pada awal 90an, Thomas-Conrad Corporation mengembangkan sebuah 100 Mbit / s topologi disebut TCNs berdasarkan protokol ARCnet, yang juga didukung RG-62, twisted-pair, dan media serat optik. TCNs menikmati beberapa keberhasilan sampai ketersediaan biaya lebih rendah 100 Mbit / s Ethernet mengakhiri penyebaran umum ARCnet.

1 komentar:

Unknown

terimakasih atas postingnya, dan ini bermanfaat untuk saya...

Posting Komentar