Buscar

Páginas

ARSITEKTUR FDDI

Dasar-Dasar LAN

FDDI - Fiber Distributed Data Interface


FDDI merupakan standar American National Standards Institute (ANSI) yang mendefinisikan operasi ganda Token ring LAN pada 100 Mbps melalui media serat optik. Hal ini digunakan terutama untuk tulang punggung perusahaan dan operator.
Token Ring dan FDDI berbagi beberapa karakteristik termasuk token passing dan arsitektur cincin yang dieksplorasi dalam bagian sebelumnya pada Token Ring. Tembaga Distributed Data Interface (CDDI) adalah implementasi dari protokol FDDI atas STP dan UTP kabel. CDDI mentransmisikan melalui jarak yang relatif pendek (sekitar 100 meter), menyediakan kecepatan data dari 100 Mbps menggunakan cincin ganda-arsitektur untuk memberikan redundansi.
Sementara FDDI adalah cepat, handal, dan menangani banyak data dengan baik, masalah utama adalah penggunaan mahal kabel serat optik. CDDI alamat masalah ini dengan menggunakan UTP atau STP. Namun, perhatikan bahwa panjang segmen maksimum turun secara signifikan.
FDDI dikembangkan pada pertengahan 1980-an untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kecepatan tinggi kapasitas workstation teknik dan kehandalan jaringan. Hari ini, FDDI adalah sering digunakan sebagai teknologi backbone kecepatan tinggi karena dukungan untuk bandwidth tinggi dan jarak lebih besar dari tembaga.

Jaringan FDDI Arsitektur

FDDI menggunakan arsitektur dual-ring. Lalu lintas di setiap cincin mengalir dalam arah berlawanan (disebut counter-rotating). Dual-ring terdiri dari primer dan cincin sekunder. Selama operasi normal, cincin primer digunakan untuk transmisi data, dan cincin sekunder masih menganggur. Tujuan utama dari cincin ganda adalah untuk memberikan kehandalan dan ketahanan.
Salah satu karakteristik unik dari FDDI adalah bahwa ada beberapa cara untuk menghubungkan perangkat ke ring. FDDI mendefinisikan tiga jenis perangkat: satu stasiun-lampiran (SAS) seperti PC, stasiun lampiran ganda (DAS) seperti router dan server, dan concentrator.

- Dual-cincin arsitektur

- Primer cincin untuk transmisi data
- Sekunder cincin untuk keandalan dan ketahanan

- Komponen

- Lampiran stasiun tunggal (SAS)-PC
- Lampiran stasiun Ganda (DAS)-Server
- Konsentrator

- FDDI konsentrator

- Juga disebut konsentrator ganda terpasang (DAC)
- Membangun blok sebuah jaringan FDDI
- Atase langsung ke kedua cincin dan memastikan bahwa setiap kegagalan SAS atau kekuatan-down tidak menjatuhkan cincin
Contoh: -


Sebuah konsentrator FDDI (juga disebut dual-attachment concentrator [DAC]) adalah blok bangunan dari sebuah jaringan FDDI. Itu menempel langsung ke kedua cincin primer dan sekunder dan memastikan bahwa kegagalan atau power-down dari setiap stasiun lampiran tunggal (SAS) tidak menjatuhkan cincin. Hal ini sangat berguna ketika PC, atau perangkat sejenis yang sering bertenaga dan mematikan, terhubung ke cincin.

- FDDI Ringkasan -

- Fitur

- 100-Mbps token-passing jaringan
- Single-mode (100 km), ganda-mode (2 km)
- CDDI mentransmisikan pada kecepatan 100 Mbps lebih dari sekitar 100 m
- Dual-cincin arsitektur untuk keandalan

- Keuntungan serat optik dibandingkan tembaga

- Keamanan, kehandalan, dan kinerja yang ditingkatkan karena tidak memancarkan sinyal listrik
- Banyak bandwidth yang lebih tinggi dari tembaga

- Digunakan untuk backbone perusahaan dan operator

0 komentar:

Posting Komentar