Buscar

Memuat...

Páginas

JARINGAN SWITCH

aringan switch

Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Khas SOHO switch jaringan.
Kembali pandangan switch jaringan Atlantis dengan Ethernet port .
Sebuah switch jaringan atau hub switching adalah perangkat jaringan komputer yang menghubungkan segmen jaringan .
Istilah ini umumnya mengacu pada multi-port jembatan jaringan yang proses dan data rute pada lapisan data link (lapisan 2) dari model OSI . Switch yang memproses data tambahan pada lapisan jaringan (Layer 3) dan di atas sering disebut sebagai Layer 3 switch atau switch multilayer .

Yang pertama Ethernet Switch diperkenalkan oleh Kalpana pada tahun 1990. [1]

Isi

[hide]

[ sunting ] Fungsi

Switch jaringan memainkan bagian integral dalam paling modern Ethernet jaringan area lokal (LAN). Mid-to-LAN berukuran besar mengandung sejumlah terhubung dikelola switch. Kecil kantor / rumah kantor (SOHO) aplikasi biasanya menggunakan saklar tunggal, atau semua tujuan- perangkat konvergensi seperti gerbang untuk mengakses kantor kecil / rumah broadband layanan tersebut sebagai DSL atau internet kabel . Dalam sebagian besar kasus, perangkat pengguna akhir berisi router dan komponen yang antarmuka ke teknologi broadband tertentu fisik. Perangkat pengguna juga mungkin termasuk antarmuka telepon untuk VoIP .
Sebuah Ethernet switch beroperasi pada lapisan data link dari model OSI untuk membuat terpisah collision domain untuk setiap port switch. Dengan 4 komputer (misalnya, A, B, C, dan D) pada 4 port switch, A dan B dapat mentransfer data bolak-balik, sedangkan C dan D juga melakukannya secara bersamaan, dan dua percakapan tidak akan mengganggu satu sama lain. Dalam kasus hub, mereka semua akan berbagi bandwidth dan berjalan dalam half duplex , sehingga tabrakan, yang kemudian akan memerlukan transmisi ulang. Menggunakan switch disebut microsegmentation . Hal ini memungkinkan komputer untuk memiliki bandwidth khusus pada point-to-point koneksi ke jaringan dan karenanya berjalan dalam full duplex tanpa tabrakan.

[ sunting ] Peran switch dalam jaringan

Switch dapat beroperasi pada satu atau lebih lapisan dari model OSI, termasuk data link , jaringan , atau transportasi (yaitu, end-to-end) . Sebuah perangkat yang beroperasi secara simultan pada lebih dari satu lapisan ini dikenal sebagai switch multilayer .
Dalam switch ditujukan untuk penggunaan komersial, interface built-in atau modular memungkinkan untuk menghubungkan berbagai jenis jaringan, termasuk Ethernet , Fibre Channel , ATM , ITU-T G.hn dan 802.11 . Konektivitas ini dapat di salah satu lapisan yang disebutkan. Sementara Layer 2 fungsi cukup untuk bandwidth-pergeseran dalam satu teknologi, interkoneksi teknologi seperti Ethernet dan token ring lebih mudah pada Layer 3.
Interkoneksi jaringan layer yang berbeda 3 dilakukan oleh router . Jika ada fitur yang menjadi ciri "Layer-3 switch" sebagai lawan tujuan umum router, itu cenderung bahwa mereka dioptimalkan, dalam switch yang lebih besar, high-density konektivitas Ethernet.
Dalam beberapa operator selular dan lingkungan lain di mana ada kebutuhan untuk banyak analisis kinerja jaringan dan keamanan, switch dapat terhubung antara WAN router sebagai tempat untuk modul analisis. Beberapa vendor menyediakan firewall , [2] [3] jaringan deteksi intrusi , [4] dan modul analisis kinerja yang dapat ditancapkan ke port switch. Beberapa fungsi-fungsi ini dapat digabungkan pada modul. [5]
Dalam kasus lain, switch digunakan untuk menciptakan citra cermin data yang dapat pergi ke perangkat eksternal. Karena sebagian besar beralih port mirroring hanya menyediakan satu aliran cermin, hub jaringan dapat bermanfaat untuk menyebar data ke beberapa hanya-baca analisis, seperti sistem deteksi intrusi dan packet sniffers .

[ sunting ] Layer-spesifik fungsi

Sebuah switch modular jaringan dengan tiga modul jaringan (total 24 Ethernet dan Fast Ethernet port 14) dan satu catu daya.
Sementara switch dapat belajar tentang topologi di banyak lapisan, dan maju pada satu atau lebih lapisan, mereka cenderung memiliki fitur-fitur umum. Selain untuk aplikasi kinerja tinggi, switch komersial modern menggunakan antarmuka terutama Ethernet, yang dapat memiliki input yang berbeda dan bandwidth output dari 10, 100, 1000 atau 10.000 megabit per detik .
Pada setiap lapisan, switch modern dapat menerapkan kekuasaan atas Ethernet (PoE), yang menghindari kebutuhan untuk perangkat yang terpasang, seperti telepon VoIP atau titik akses nirkabel , memiliki catu daya terpisah. Karena switch dapat memiliki redundant power sirkuit terhubung ke pasokan listrik yang tidak pernah terputus , perangkat yang terhubung dapat terus beroperasi bahkan ketika power kantor biasa gagal.

[ sunting ] Layer 1 hub vs switch layer yang lebih tinggi

Sebuah hub jaringan , atau repeater, merupakan perangkat jaringan sederhana. Hub tidak mengelola semua lalu lintas yang datang melalui mereka. Setiap paket memasukkan port yang disiarkan keluar atau "ulang" pada setiap port lain, kecuali untuk pelabuhan masuk. Karena setiap paket diulang pada setiap port lain, paket tabrakan mempengaruhi seluruh jaringan, membatasi kapasitasnya.
Ada aplikasi khusus di mana sebuah hub dapat berguna, seperti menyalin lalu lintas ke beberapa jaringan sensor. Switch high end memiliki fitur yang melakukan hal yang sama disebut port mirroring .
Pada awal 2000-an, ada sedikit perbedaan harga antara hub dan switch low-end. [6]

[ sunting ] Layer 2

Sebuah jembatan jaringan , beroperasi pada lapisan data link, mungkin interkoneksi sejumlah kecil perangkat di rumah atau kantor. Ini adalah kasus sepele menjembatani, di mana jembatan belajar dengan alamat MAC dari setiap perangkat yang terhubung.
Jembatan tunggal juga dapat memberikan kinerja yang sangat tinggi dalam aplikasi khusus seperti jaringan area penyimpanan .
Jembatan Classic juga dapat interkoneksi menggunakan protokol spanning tree yang menonaktifkan link sehingga jaringan area lokal yang dihasilkan adalah pohon tanpa loop. Berbeda dengan router, mencakup jembatan pohon harus memiliki topologi dengan hanya satu jalur yang aktif antara dua titik. Semakin tua 802.1D IEEE protokol spanning tree bisa sangat lambat, dengan forwarding berhenti selama 30 detik sementara spanning tree akan reconverge. Sebuah Spanning Tree Protocol Cepat diperkenalkan sebagai IEEE 802.1w , tapi edisi terbaru dari IEEE 802.1D mengadopsi ekstensi 802.1w sebagai standar dasar.
IETF adalah menentukan Trill protokol, yang merupakan aplikasi teknologi link-state routing untuk masalah lapisan-2 bridging. Perangkat yang mengimplementasikan Trill, disebut RBridges , menggabungkan fitur terbaik dari kedua router dan jembatan.
Sementara "lapisan 2 switch" tetap lebih dari sebuah istilah pemasaran dari istilah teknis, [ rujukan? ] produk yang diperkenalkan sebagai "switch" cenderung menggunakan microsegmentation dan Full duplex untuk mencegah tabrakan antara perangkat yang terhubung ke Ethernet. Dengan menggunakan internal pesawat forwarding jauh lebih cepat daripada antarmuka, mereka memberikan kesan jalur simultan antara beberapa perangkat.
Setelah jembatan belajar topologi melalui protokol spanning tree, ini meneruskan frame data link layer menggunakan lapisan 2 metode forwarding. Ada beberapa metode forwarding empat jembatan dapat menggunakan, yang kedua melalui Metode keempat adalah kinerja meningkat metode bila digunakan pada produk "beralih" dengan input yang sama dan bandwidth port output:
  1. Store and forward : Switch buffer dan memverifikasi setiap frame sebelum meneruskan.
  2. Potong melalui : beralih membaca hanya sampai alamat hardware frame sebelum mulai maju. Potong-melalui switch harus jatuh kembali ke toko dan maju jika port keluar sibuk pada saat paket tiba. Tidak ada pemeriksaan kesalahan dengan metode ini.
  3. Fragmen : Sebuah metode yang mencoba untuk mempertahankan keuntungan dari kedua menyimpan dan maju dan menerobos. Fragmen pertama memeriksa 64 byte dari bingkai , di mana menangani informasi disimpan. Menurut spesifikasi Ethernet, tabrakan harus terdeteksi selama 64 byte pertama dari frame, sehingga frame yang berada dalam kesalahan karena tabrakan tidak akan diteruskan. Dengan cara ini frame akan selalu mencapai tujuan yang diinginkan. Pemeriksaan kesalahan dari data yang sebenarnya di paket yang tersisa untuk perangkat akhir.
  4. Adaptif beralih : Sebuah metode otomatis memilih antara tiga mode lainnya.
Sementara ada aplikasi khusus, seperti jaringan area penyimpanan, di mana input dan output interface adalah bandwidth yang sama, ini jarang terjadi di aplikasi umum LAN. Dalam LAN, switch digunakan untuk akses pengguna akhir biasanya konsentrat bandwidth yang lebih rendah (misalnya, 10/100 Mbit / s) ke bandwidth yang lebih tinggi (minimal 1 Gb / s). Atau, sebuah switch yang menyediakan akses ke port server biasanya terhubung ke mereka di bandwidth yang lebih tinggi daripada yang digunakan oleh perangkat pengguna akhir.

[ sunting ] Layer 3

Dalam batas-batas dari lapisan Ethernet fisik, lapisan 3 switch dapat melakukan beberapa atau semua fungsi yang biasanya dilakukan oleh router . Lapisan-3 yang paling umum adalah kemampuan kesadaran IP multicast melalui IGMP mengintip . Dengan kesadaran ini, switch layer-3 dapat meningkatkan efisiensi dengan memberikan lalu lintas dari kelompok multicast hanya untuk port mana perangkat yang terpasang telah memberi sinyal bahwa ia ingin mendengarkan kelompok itu.

[ sunting ] Lapisan 4

Sementara makna yang tepat dari switch Layer-4 Istilah vendor tergantung, hampir selalu dimulai dengan kemampuan untuk terjemahan alamat jaringan , tapi kemudian menambahkan beberapa jenis distribusi beban berdasarkan TCP sesi. [7]
Perangkat mungkin termasuk stateful firewall , sebuah VPN konsentrator, atau menjadi IPSec gateway keamanan.

[ sunting ] Layer 7

Layer 7 switch dapat mendistribusikan beban berdasarkan URL atau dengan beberapa teknik khusus instalasi untuk mengenali tingkat-aplikasi transaksi. Sebuah switch Layer-7 mungkin termasuk web cache dan berpartisipasi dalam jaringan pengiriman konten . [8]
Rack-mount 24-port 3Com beralih

[ sunting ] Jenis-jenis switch

[ sunting ] Formulir faktor

  • Desktop, tidak di-mount di kandang, biasanya dimaksudkan untuk digunakan di lingkungan rumah atau kantor di luar lemari kabel
  • Rack mount
  • Chassis - dengan swappable "modul saklar" kartu. misalnya Alcatel OmniSwitch 9000; Cisco Catalyst beralih 4500 dan 6500; 3Com 7700, 7900E, 8800.
  • DIN rel mount, biasanya terlihat di lingkungan industri atau panel

[ sunting ] Konfigurasi pilihan

  • Switch unmanaged - Switch ini tidak memiliki antarmuka konfigurasi atau pilihan. Mereka plug and play . Mereka biasanya switch paling mahal, ditemukan di rumah, SOHO , atau usaha kecil. Mereka dapat desktop atau rak mount.
  • Dikelola switch - switch ini memiliki satu atau lebih metode untuk memodifikasi operasi dari switch. Metode manajemen umum meliputi: antarmuka baris perintah (CLI) diakses melalui konsol serial , telnet atau Secure Shell , tertanam Simple Network Management Protocol (SNMP) agen manajemen yang memungkinkan dari sebuah remote konsol atau stasiun manajemen, atau antarmuka web untuk manajemen dari sebuah web browser . Contoh perubahan konfigurasi yang satu dapat melakukannya dari saklar yang diatur meliputi: mengaktifkan fitur seperti Spanning Tree Protocol , mengatur bandwith pelabuhan , membuat atau memodifikasi Virtual LAN (VLAN), dll Dua sub-kelas dari switch dikelola dipasarkan hari ini:
    • Pintar (atau cerdas) switch - ini dikelola switch dengan satu set fitur yang terbatas manajemen. Demikian juga "web-berhasil" switch adalah switch yang jatuh di ceruk pasar antara unmanaged dan dikelola. Untuk harga yang jauh lebih rendah daripada switch sepenuhnya dikelola mereka menyediakan antarmuka web (dan biasanya tidak ada akses CLI) dan memungkinkan konfigurasi pengaturan dasar, seperti VLAN, port bandwidth dan duplex. [9]
    • Dikelola perusahaan (atau sepenuhnya dikelola) switch - Ini memiliki set lengkap fitur manajemen, termasuk CLI, agen SNMP, dan antarmuka web. Mereka mungkin memiliki fitur tambahan untuk memanipulasi konfigurasi, seperti kemampuan untuk menampilkan, memodifikasi, cadangan dan memulihkan konfigurasi. Dibandingkan dengan saklar cerdas, switch perusahaan memiliki lebih banyak fitur yang dapat disesuaikan atau dioptimalkan, dan umumnya lebih mahal daripada switch pintar. Switch enterprise biasanya ditemukan dalam jaringan dengan jumlah yang lebih besar dari switch dan koneksi, di mana manajemen terpusat adalah sebuah penghematan yang signifikan dalam waktu administrasi dan usaha. Sebuah switch stackable adalah versi perusahaan yang dikelola switch.

[ sunting ] pemantauan Lalu lintas di jaringan diaktifkan

Kecuali port mirroring atau metode lain seperti RMON atau SMON diimplementasikan dalam switch, [10] sulit untuk memonitor lalu lintas yang dijembatani dengan menggunakan switch karena hanya port pengirim dan penerima dapat melihat lalu lintas. Fitur-fitur pemantauan jarang hadir pada konsumen kelas switch.
Dua metode populer yang khusus dirancang untuk memungkinkan seorang analis jaringan untuk memonitor lalu lintas:
  • Port mirroring - saklar mengirimkan salinan paket jaringan untuk koneksi jaringan monitoring.
  • SMON - "Beralih Pemantauan" dijelaskan oleh RFC 2613 dan merupakan protokol untuk menguasai fasilitas seperti port mirroring.
Metode lain untuk memantau mungkin untuk menghubungkan Layer-1 hub antara perangkat yang dimonitor dan port switch. Hal ini akan mendorong penundaan kecil, namun akan memberikan beberapa interface yang dapat digunakan untuk memonitor port switch individu.

[ sunting ] fitur beralih manajemen Khas

Linksys 48-port switch
HP ProCurve rack-mount switch Dipasang di Telco Rack 19inch standar rak 19-inci dengan kabel jaringan
Agregasi link memungkinkan penggunaan beberapa port untuk koneksi yang sama mencapai kecepatan transfer data yang lebih tinggi. Membuat VLAN dapat melayani tujuan keamanan dan kinerja dengan mengurangi ukuran broadcast domain .

0 komentar:

Poskan Komentar