Buscar

Páginas

KABEL JARINGAN TP

Twisted pair

Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Twisted pair kabel adalah jenis kabel di mana dua konduktor (maju dan konduktor kembalinya satu sirkuit ) yang memutar bersama-sama untuk tujuan membatalkan keluar interferensi elektromagnetik (EMI) dari sumber eksternal, misalnya, radiasi elektromagnetik dari unshielded twisted pair (UTP) kabel, dan crosstalk antara pasangan tetangga. Hal ini ditemukan oleh Alexander Graham Bell .

Isi

[hide]

[ sunting ] Penjelasan

Pada pasangan yang seimbang operasi, dua kabel membawa sinyal yang sama dan berlawanan dan tujuan mendeteksi perbedaan antara keduanya. Hal ini dikenal sebagai modus diferensial transmisi. Sumber-sumber kebisingan memperkenalkan sinyal ke kabel dengan kopling medan listrik atau magnet dan cenderung pasangan untuk kedua kabel yang sama. Kebisingan sehingga menghasilkan sinyal yang umum-mode yang dibatalkan pada penerima sinyal perbedaan ketika diambil. Metode ini mulai gagal ketika sumber kebisingan dekat dengan kabel sinyal; kawat dekat akan pasangan dengan suara lebih kuat dan penolakan mode umum penerima akan gagal untuk menghilangkannya. Masalah ini khususnya muncul dalam kabel telekomunikasi di mana pasang di kabel yang sama berbaring di samping satu sama lain untuk bermil-mil. Satu pasangan dapat menyebabkan crosstalk di tempat lain dan itu adalah aditif sepanjang kabel. Memutar counter efek ini sebagai pasangan pada setiap setengah memutar kawat yang terdekat dengan sumber kebisingan-dipertukarkan. Menyediakan sumber campur tetap seragam, atau hampir jadi, selama jarak twist tunggal, akibat kebisingan akan tetap bersama-mode. Diferensial sinyal juga mengurangi radiasi elektromagnetik dari kabel, bersama dengan terkait pelemahan memungkinkan untuk jarak yang lebih besar antara pertukaran.
Tingkat memutar (juga disebut pitch dari twist, biasanya didefinisikan dalam liku per meteran ) membentuk bagian dari spesifikasi untuk jenis tertentu kabel. Dimana pasangan dekatnya memiliki tingkat memelintir sama, konduktor yang sama dari pasangan yang berbeda berulang kali mungkin terletak bersebelahan, sebagian kehancuran manfaat modus diferensial. Untuk alasan ini biasanya ditentukan bahwa, setidaknya untuk kabel yang mengandung sejumlah kecil dari pasangan, tingkat memutar harus berbeda. [1]
Berbeda dengan FTP ( digagalkan twisted pair) dan STP (twisted pair terlindung) kabel, UTP (unshielded twisted pair) kabel tidak dikelilingi oleh perisai. Ini adalah jenis kawat utama untuk telepon penggunaan dan sangat umum untuk jaringan komputer , terutama karena kabel patch atau koneksi jaringan sementara karena fleksibilitas tinggi dari kabel.

[ sunting ] Sejarah

Transposisi kawat di atas tiang
Pesawat telepon awal menggunakan jalur telegraf, atau membuka-kawat -kawat tunggal bumi kembali sirkuit. Pada tahun 1880-an listrik trem dipasang di banyak kota, yang diinduksi kebisingan ke dalam sirkuit. Gugatan yang sia-sia, perusahaan telepon dikonversi ke sirkuit seimbang , yang memiliki manfaat insidental mengurangi redaman , sehingga meningkatkan jangkauan.
Sebagai distribusi tenaga listrik menjadi lebih umum, ukuran ini terbukti tidak memadai. Dua kabel, digantung di kedua sisi bar salib pada tiang listrik , berbagi rute dengan listrik saluran listrik . Dalam beberapa tahun meningkatnya penggunaan listrik lagi membawa peningkatan gangguan, jadi insinyur merancang sebuah metode yang disebut transposisi kawat , untuk membatalkan gangguan. Pada transposisi kawat, posisi pertukaran kabel sekali setiap beberapa kutub. Dengan cara ini, dua kawat akan menerima EMI sama dari jaringan listrik. Ini mewakili sebuah implementasi awal memutar, dengan tingkat antihan sekitar empat tikungan per kilometer , atau enam per mil . Seperti garis kawat terbuka seimbang dengan transposisi periodik masih bertahan saat ini di beberapa daerah pedesaan.
Kabel twisted pair diciptakan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1881. [2] Pada 1900, seluruh Amerika saluran telepon jaringan adalah twisted pair atau kabel baik terbuka dengan transposisi untuk menjaga terhadap gangguan. Saat ini, sebagian dari jutaan kilometer dari twisted pair di dunia adalah sambungan telepon luar , yang dimiliki oleh perusahaan telepon, yang digunakan untuk layanan suara, dan hanya ditangani atau bahkan dilihat oleh pekerja telepon.

[ sunting ] Unshielded twisted pair (UTP)

Unshielded twisted pair
Kabel UTP ditemukan di banyak Ethernet jaringan dan sistem telepon. Untuk aplikasi telepon indoor, UTP sering dikelompokkan ke dalam set 25 pasang sesuai dengan standar kode warna 25-pasangan awalnya dikembangkan oleh AT & T . Sebuah subset khas dari warna (putih / biru, biru / putih, putih / oranye, oranye / putih) muncul dalam kabel UTP yang paling.
Untuk kabel telepon luar kota berisi ratusan atau ribuan pasang, kabel dibagi ke dalam bundel yang lebih kecil tetapi identik. Setiap bundel terdiri dari twisted pair yang memiliki tingkat sentuhan yang berbeda. Bundel pada gilirannya memutar bersama-sama untuk membentuk kabel. Pasangan memiliki tingkat sentuhan yang sama dalam kabel masih dapat mengalami beberapa derajat crosstalk . Pasang kawat dipilih secara hati-hati untuk meminimalkan crosstalk dalam kabel besar.
Unshielded twisted pair kabel dengan tingkat sentuhan yang berbeda
UTP kabel juga kabel yang paling umum digunakan dalam jaringan komputer . Modern Ethernet , standar jaringan data yang paling umum, menggunakan kabel UTP. Kabel twisted pair sering digunakan dalam jaringan data untuk koneksi panjang pendek dan menengah karena biaya relatif lebih rendah dibandingkan dengan serat optik dan kabel koaksial .
UTP juga menemukan meningkatnya penggunaan dalam video yang aplikasi, terutama di kamera keamanan . Banyak menengah untuk high-end kamera termasuk output UTP dengan setscrew terminal . Hal ini dimungkinkan oleh fakta bahwa kabel UTP bandwidth yang telah ditingkatkan untuk mencocokkan baseband dari televisi sinyal. Sementara perekam video kemungkinan besar masih memiliki seimbang konektor BNC untuk kabel koaksial standar, balun digunakan untuk mengkonversi dari 100 - ohm seimbang UTP untuk 75-ohm seimbang. Balun A juga dapat digunakan pada akhir kamera untuk yang tanpa output UTP. Hanya satu pasangan perlu untuk setiap sinyal video.

[ sunting ] Kabel perisai

SCTP, juga dikenal sebagai FTP
Kabel STP Format
S / STP, juga dikenal sebagai S / FTP.
S / kabel UTP Format
S / kabel STP Format
Kabel twisted pair sering terlindung dalam upaya untuk mencegah interferensi elektromagnetik. Karena perisai terbuat dari logam, juga dapat berfungsi sebagai tanah. Namun, biasanya kabel terlindung atau twisted pair disaring memiliki kabel arde khusus yang ditambahkan disebut kawat tiriskan. Perisai ini dapat diterapkan untuk pasangan individu, atau untuk koleksi pasangan. Ketika perisai diterapkan pada koleksi pasangan, ini disebut sebagai skrining. Perisai harus didasarkan untuk melindungi untuk bekerja, dan ditingkatkan dengan landasan kawat mengalir bersama dengan perisai.
Terlindung twisted pair (STP atau STP-A)
150 ohm STP terlindung kabel twisted pair yang didefinisikan oleh spesifikasi Sistem Kabel IBM dan digunakan dengan token ring atau jaringan FDDI . Jenis perisai melindungi kabel dari eksternal EMI dari masuk atau keluar kabel dan juga melindungi pasangan tetangga dari crosstalk.
Disaring twisted pair (SCTP atau F / TP)
SCTP kabel menawarkan perisai selubung keseluruhan di semua pasangan dalam Ohm 100 [3] kabel twisted pair. F / TP menggunakan foil perisai bukan layar dijalin. Jenis perisai melindungi EMI dari masuk atau keluar kabel.
Disaring twisted pair terlindung (S / STP atau S / FTP)
S / STP (Shielded Twisted Pair disaring) atau S / FTP (Unshielded Twisted disaring digagalkan) kabel menawarkan perisai antara set pasangan dan perisai selubung keseluruhan dalam kabel twisted Ohm 100 pair. Jenis perisai melindungi EMI dari masuk atau keluar kabel dan juga melindungi pasangan tetangga dari crosstalk.
S / kabel STP [4] adalah baik secara individu terlindung (seperti kabel STP) dan juga memiliki logam pelindung luar yang mencakup seluruh kelompok pasangan tembaga terlindung (seperti S / UTP). Jenis kabel menawarkan perlindungan terbaik dari gangguan dari sumber eksternal, dan juga menghilangkan asing crosstalk . [4]
Perhatikan bahwa vendor yang berbeda dan penulis menggunakan terminologi yang berbeda (yaitu STP telah digunakan untuk menunjukkan baik STP-A, S / STP, dan S / UTP). [3] Lihat di bawah untuk upaya ISO / IEC untuk internasional standarisasi berbagai sebutan.

Perbandingan beberapa singkatan lama dan baru, menurut ISO / IEC 11801:
Nama Lama Nama Baru kabel skrining pasangan perisai
UTP U / UTP none none
FTP F / UTP menggagalkan none
STP U / FTP none menggagalkan
S-FTP SF / UTP foil, mengepang none
S-STP S / FTP kepang braiding menggagalkan
Kode sebelum slash menunjuk perisai untuk kabel itu sendiri, sedangkan kode setelah slash menentukan perisai untuk pasangan individu:
TP = twisted pair
U = unshielded
F = foil perisai
S = dikepang perisai

[ sunting ] kategori kabel yang paling umum

Kategori Jenis Frekuensi Bandwidth Aplikasi Catatan
Cat1
0,4 MHz Telepon dan modem baris Tidak dijelaskan dalam EIA / TIA recommmendations. Tidak cocok untuk sistem modern. [5]
Cat2
? MHz Lama terminal sistem, misalnya IBM 3270 Tidak dijelaskan dalam EIA / TIA recommmendations. Tidak cocok untuk sistem modern. [5]
Cat3 UTP [6] 16MHz [6] 10BASE-T dan 100BASE-T4 Ethernet [6] Dijelaskan dalam EIA/TIA-568. Cocok untuk kecepatan di atas 16 Mbit / s. Sekarang terutama untuk kabel telepon [6]
Cat4 UTP [6] 20MHz [6] 16 Mbit / s [6] Token Ring Tidak umum digunakan [6]
CAT5 UTP [6] 100MHz [6] 100BASE-TX & 1000BASE-T Ethernet [6] Umum di kebanyakan LAN saat ini [6]
Cat5e UTP [6] 100MHz [6] 100BASE-TX & 1000BASE-T Ethernet [6] Peningkatan CAT5. Konstruksi yang sama sebagai CAT5, tapi dengan standar pengujian yang lebih baik.
Cat6 UTP [6] 250MHz [6] 1000BASE-T Ethernet Paling sering dipasang kabel di Finlandia sesuai dengan standar 2002. SFS-EN 50173-1
Cat6e
250MHz (500MHz menurut beberapa) Bukan standar; label sendiri pembuat kabel.
Cat6a
500MHz 10GBASE-T Ethernet ISO / IEC 11801:2002 Perubahan 2.
Cat7 S / FTP [6] 600MHz [6] Telepon, CCTV , 1000BASE-TX dalam kabel yang sama. 10GBASE-T Ethernet . Empat pasang, U / FTP (pasangan terlindung). Standar dalam pengembangan.
Cat7a
1000MHz Telepon, CATV , 1000BASE-TX dalam kabel yang sama. 10GBASE-T Ethernet . Empat pasang, S / FTP (pasangan terlindung, jalinan-disaring kabel). Standar dalam pengembangan.
Cat8
1200MHz Dalam pengembangan, belum ada aplikasi. Empat pasang, S / FTP (pasangan terlindung, jalinan-disaring kabel). Standar dalam pengembangan.

[ sunting ] inti kabel Padat vs kabel terdampar

Sebuah kabel inti padat menggunakan satu kawat padat per konduktor dan kabel twisted dalam empat akan ada total delapan kawat padat. [6] konduktor Stranded menggunakan beberapa kabel melilit satu sama lain dalam masing-masing konduktor dan sepasang empat dengan tujuh helai per konduktor kabel, akan ada total 56 kabel. [6]
Kabel inti Solid seharusnya digunakan untuk berjalan diinstal secara permanen. Hal ini kurang fleksibel daripada kabel terdampar dan lebih rentan terhadap kegagalan jika berulang kali tertekuk. Kabel Stranded digunakan untuk mengarah terbang pada patch panel dan untuk koneksi dari dinding-port untuk mengakhiri perangkat, karena tahan retak pada konduktor. Inti Stranded umumnya lebih mahal daripada inti padat.
Konektor perlu dirancang berbeda untuk inti padat daripada terdampar. Penggunaan konektor dengan jenis kabel yang salah mungkin menyebabkan kabel tidak dapat diandalkan. Plug dirancang untuk inti yang solid dan terdampar sudah tersedia, dan beberapa vendor bahkan menawarkan colokan dirancang untuk digunakan dengan kedua jenis. Punch-down blok pada patch panel dan port jack dinding dirancang untuk digunakan dengan kabel inti yang solid.

[ sunting ] Keuntungan

  • Ini adalah kabel, tipis fleksibel yang mudah ke string antara dinding.
  • Garis yang lebih dapat dijalankan melalui saluran kabel yang sama.
  • UTP biaya kurang per meter / kaki dibandingkan jenis lain dari kabel LAN.
  • Kebisingan listrik masuk ke atau datang dari kabel dapat dicegah. [7]
  • Cross-talk diminimalkan. [7]

[ sunting ] Kekurangan

  • Kerentanan twisted pair untuk interferensi elektromagnetik sangat tergantung pada skema pasangan memutar (biasanya dipatenkan oleh produsen) tetap utuh selama instalasi. Akibatnya, kabel twisted pair biasanya memiliki persyaratan ketat untuk ketegangan maksimum menarik serta minimum radius tikungan. Ini kerapuhan relatif dari kabel twisted pair membuat instalasi praktek merupakan bagian penting untuk memastikan kinerja kabel.
  • Dalam aplikasi video yang mengirimkan informasi di beberapa kabel sinyal paralel, kabel twisted pair dapat memperkenalkan penundaan sinyal dikenal sebagai condong yang mengakibatkan cacat warna halus dan ghosting karena komponen gambar tidak menyelaraskan dengan benar ketika digabungkan dalam perangkat layar. Miring terjadi karena pasang memutar dalam kabel yang sama sering menggunakan nomor yang berbeda twists per meter sehingga mencegah umum-mode crosstalk antara pasangan dengan nomor identik tikungan. Miring dapat dikompensasikan dengan memvariasikan panjang pasangan dalam kotak terminasi, sehingga untuk memperkenalkan garis delay yang mengisi kekurangan antara pasangan lebih pendek dan lebih lama, meskipun panjang yang tepat yang diperlukan sulit untuk menghitung dan bervariasi tergantung pada panjang kabel keseluruhan .

[ sunting ] varian Kecil twisted pair

  • Loaded twisted pair: Sebuah twisted pair yang sengaja menambahkan induktansi , praktek umum pada jaringan telekomunikasi, kecuali yang membawa lebih tinggi dari voiceband frekuensi. Induktor ditambahkan dikenal sebagai gulungan beban dan mengurangi distorsi.
  • Twisted pair dibongkar: Sebuah twisted pair yang tidak memiliki kumparan beban ditambahkan.
  • Berikat twisted pair: Sebuah varian twisted pair di mana pasangan terikat secara individual untuk meningkatkan ketahanan kabel. Dipelopori oleh Belden , itu berarti spesifikasi listrik dari kabel yang dipertahankan meskipun penanganan yang kasar.
  • Pair kabel pita: Sebuah varian dari standar kabel pita yang berdekatan pasang konduktor terikat dan memutar bersama-sama. Pasangan memutar kemudian ringan terikat satu sama lain dalam format pita. Berkala di sepanjang pita ada bagian pendek tanpa memutar untuk mengaktifkan konektor dan PCB header harus diakhiri dengan menggunakan kabel pita yang biasa IDC teknik.

0 komentar:

Posting Komentar