Buscar

Páginas

KABEL UTP

Apakah kabel UTP?

What Is UTP Cable?thumbnail
Apakah kabel UTP?
UTP, atau Unshielded Twisted Pair, merupakan jenis kabel yang digunakan dalam telekomunikasi dan jaringan komputer. Ini terdiri dari nomor yang berbeda dari kawat tembaga yang telah dipelintir menjadi pasangan yang cocok. Ini berbeda dari twisted pair disaring dan terlindung, dalam pasangan individu tidak dilindungi dengan perlindungan tambahan dari gangguan. Setiap kawat tembaga yang terisolasi, dan kelompok twisted pair memiliki selubung menahan mereka bersama-sama, tapi tidak ada isolasi tambahan disediakan. UTP datang dalam berbagai jenis dan ukuran, dan terutama digunakan sebagai kabel node, berarti itu berjalan dari unit tulang punggung ke komponen individu pada jaringan.
  1. Jenis

    • UTP datang dalam berbagai jenis disebut sebagai Categories, sering disingkat sebagai "Cat". Yang paling umum adalah Cat 3, Cat 5e, Cat 6 dan. Semakin tinggi nomor kategori, tikungan lebih per kaki di pasangan, dan perlindungan yang lebih baik dari gangguan. Cat 3 biasanya digunakan untuk sistem telepon rumah. Cat 5e adalah standar industri untuk jaringan komputer dan sistem telepon yang besar. Cat 6 adalah perbaikan pada Cat 5e dan mulai menjadi favorit untuk instalasi baru karena kecepatan meningkat dan perlindungan dari gangguan.

    Ukuran

    • UTP juga dapat datang dalam berbagai ukuran berdasarkan jumlah pasangan. Cat 3 digunakan untuk telepon yang sering datang dalam dua pasang, karena itu adalah semua yang diperlukan untuk sistem telepon dasar. Standar Cat 5 atau 6 kabel jaringan delapan twisted pair. Backbone kabel yang berjalan dari lantai ke lantai di gedung-gedung besar sering 25 kabel twisted. Pasangan 25 dapat digabungkan untuk membuat kabel dengan sebanyak 1.400 pasangan.

    Fungsi

    • Setiap pasangan terdiri dari kawat ujung (dibungkus dalam warna padat seperti hijau) dan kawat cincin yang bergaris-garis (seperti hijau / putih). Warna tip adalah biru, oranye, hijau, coklat, dan batu tulis. Warna-warna cincin berwarna putih, merah, hitam, kuning, dan ungu. Setiap pasangan melakukan hal-hal yang berbeda tergantung pada jumlah pasangan dan aplikasi. Apapun penggunaan, kabel membawa sinyal listrik antara perangkat, yang memungkinkan komunikasi.

    Pertimbangan

    • UTP merupakan suatu cara yang efektif untuk menciptakan komunikasi antara perangkat. Untuk alasan ini, itu adalah kabel yang paling populer di dunia. Kurangnya perisai, bagaimanapun, dapat menimbulkan masalah dalam situasi tertentu. Jika kabel dipasang di dekat peralatan listrik yang besar atau daerah padat kabel, adalah rentan terhadap interferensi elektromagnetik (EMI) atau crosstalk. EMI dan crosstalk dapat menurunkan kecepatan kabel. Untuk alasan itu, UTP tidak standar di wilayah padat penduduk seperti di Eropa.

    Sejarah

    • UTP kabel pertama digunakan oleh Alexander Graham Bell pada sistem telepon di 1881. Sejak saat itu, penggunaan UTP telah diperluas untuk mencakup jaringan komputer, kabel kontrol, dan bahkan audio / video. Organisasi TIA / EIA bertanggung jawab untuk mengklasifikasikan spesifikasi untuk kategori UTP yang berbeda. Pada tahun 1991, TIA / EIA 568 spesifikasi pertama yang dirilis. Spesifikasi direvisi pada tahun 1995 dan tetap sama hari ini, hanya ditambahkan sebagai UTP kategori baru didefinisikan.

0 komentar:

Posting Komentar